Minggu, 04 Oktober 2009

PENDAHULUAN

Di riwayatkan Dari Hudzaifah Bin Al-Yaman radhiyallahu anhu beliau berkata : “dahulu manusia bertanya pada rasulullah tentang hal-hal yang baik tapi aku bertanya kepada beliau tenytang hal-hal yang buruk agar jangan sampai keburukan itu menimpaku”.
Aku bertanya :”wahai rasulullah,dahulu kami berada dalam keadaan jahiliyyah dan kejelekkan lalu Allah mendatangkan kebaikan /islam,maka apakah setelah kebaikan ini akan datang kejelekkan?”
Beliau berkata :”ya”
Aku bertanya : dan apakah setelah kejelekkan ini akan datang kebaikan?”
Beliau berkata :”ya,tetapi didalamnya ada asap”
Aku bertanya : “apa asap itu?”
Beliau menjawab :”suatu kaum yang membuat ajaran bukan ajaranku,dan menunjukkan manusia kepada selain petunjukku.Engkau akan mengenal mereka dan engkau akan memungkirinya”.
Aku bertanya : “apakah setelah kebaikan ini akan datang kejelekkan lagi?”
Beliau menjawab :”ya,akan muncul para dai-dai yang menyeru ke neraka jahannam.barang siapa yang menerima seruan mereka,maka merekapun akan menjerumuskan kedalam neraka”
Aku bertanya : “ya rasulullah sebutkan ciri-ciri mereka kepada kami?”
Beliau menjawab : “mereka dari kulit-kulit kita dan berbicara dengan bahasa kita”
Aku bertanya :”apa yang anda perintahkan kepadaku jika aku menjumpai keadaan seperti ini?”
Beliau menjawab :”pegang erat-erat jamaah kaum muslimin dan imam mereka”
Aku bertanya :”bagaimana jika tidak ada imam dan jamaah kaum muslimin?”
Beliau menjawab :”tinggalkanlah semua kelompok-kelompok sempalan itu,walaupun kau menggigit akar pohon hingga ajal mendatangimu

Syarah hadits dia atas :
• Adalah wajib bagi kita mengenal orang-orang tersesat.ketahuilah,semoga Allah Azza wajalla selalu memberi ketetapan hidayah pada kita dengan mengikuti Qur’an dan Sunnah Nabi Shalallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya.karna mereka adalah generasi terbaik yang pernah ada di muka bumi ini yang mampu menjelaskan kebenaran agar kita selalu mengikuti jalan tersebut.
Allah berfirman : dalam Al baqoroh ayat 100
Dan barang siapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalannya orang-orang mukmin,kami biarakan ia leluasa pada kesesatan yang dia kuasai (dibiarkan bergelimang dalam kesesatan) dan kami masukkan dia kedalam jahannam,dan jahannam itu adalah sejelek-jeleknya tempat
Annisa’ ayat 115.
Dan demikianlah kami terangkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya jelas jalan orang-orang yang benar dan supaya jelas jalan orang-orang yang tersesat.al an’am 55.
Islam terancam dari dalam.sesungguhnya racun-racun yang berbisa yang membinasakan dan menghancurkan kekuatan kaum muslimin serta melemahkan gerak mereka bukanlah pedang-pedang orang kafir yang berkumpul untuk membuat makar terhadap islamakan tetapi kuman-kuman yang busuk telah menyelinap di dalam tubuh kaum muslimin yang lambat tapi pasti itulah yang menyebabkan kebinasaan karna hati mereka telah terpaut cinta dunia takut pada kematian.itulah asap yang dikatakan oleh Nabi Shalallahu alaihi wasallam dalam hadits Hudzaifah di atas “suatu kaum yang membuat ajaran bukan dari ajaranku dan memberikan petunjuk bukan dari petunjukku”.dalam hadits tersbut banyak hal yang penting bisa kita simak,diantaranya
1. sesungguhnya asap itu merupakan penyimpangan yang selalu membuat pengkaburan ajaran islam.
2. yang nampak dan terlihat pada saat itu adalah kebaikan tetapi didalamnya terdapat hal-hal yang membinasakan.lihat dalam shahih muslim Nabi shalallahu alaihi wasallam berkata :”akan muncul manusia-manusia berhati setan”.seakan akan mereka menampakkan kesungguhan didalam memberikan solusi dan maslahat bagi umat.tapi mereka menipu umat dengan gaya bahasa mereka (fathonah bithonah budi luhur).
3. asap ini mengepul dan terus tumbuh menguasai hingga kejelekkan itu merajalela serta disinilah dai-dai penyesat bermunculan.sehingga umat islam terbelakang menjadi santapan bagi setiap musuh,dan dengan inilah setiap munafiq berbicara dengan mengatas namakan islam.
• Meninggalkan kelompok-kelompok sempalan.hadits Hudzaifah Bin Al yaman memerintahkan kepada kita untuk meninggalkan kelompok-kelompok sempalan ketika terjadi fitnah dan kejelekkan walaupun keadaannya tidak ada imam dan jamaah kaum muslimin.
• Nabi shalallahu alaihi wasallam memberikan Solusi dari problematika umat dengan memerintahkan meninggalkan semua kelompok sempalan yang menyeru ke nereka jahannam walaupun dengan menggigit akar pohon hingga ajal datang menjemput.

1 komentar:

  1. apakah sah amirul mu,min hanya dipilih untk lima th x2 seperti SBY di Indonesia ??
    adakah sunahnya??

    BalasHapus